Blogger Template by Blogcrowds

Klinik Bisnis
Konsultasi Kewirausahaan
bersama Zainal Abidin



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada Yth. Bapak Zaenal Abidin.

Saya pegawai negeri yang punya usaha sampingan buka warung sembako. Saya usaha warung sudah 15 tahun tapi sering jatuh bangun, bagaimana caranya untuk mengembangkan usaha tersebut? Hasil dari warung saya itu dipakai untuk makan sehari-hari sedangkan gaji saya hanya cukup untuk membayar keperluan bulanan seperti listrik telpon dan lain-lain, padahal pembeli (langganan) sudah banyak dan kalau saya menyediakan apa saja selalu habis terjual. Mohon sarannya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Wassalam Wr. Wb.

Henny Maria
henimaria at eramuslim.com


Jawaban

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.

Mbak Henny. Ini rumus penggunaan uang untuk orang-orang biasa:

Tabungan/investasi = penghasilan – pengeluaran

Rumus ini menyiratkan, bahwa seseorang baru bisa menabung jika ada selisih positif antara penghasilan dan pengeluaran. Dan ini biasanya tidak terjadi. Orang-orang biasa seringkali menghabiskan berapapun penghasilannya untuk kebutuhan konsumsi. Mohon maaf, mungkin anda masih termasuk dalam golongan orang seperti ini.

Kalau anda mau berubah, anda pasti bisa berubah. Syaratnya hanya satu. Anda tidak puas dengan kehidupan yang kini tengah anda alami. Yang harus anda ubah pun tidak terlalu sulit. Cukup mengubah rumus di atas menjadi:

Penghasilan – investasi = pengeluaran

Penjelasannya, jika anda memperoleh penghasilan, berapa pun besarnya, sisihkan terlebih dahulu untuk tabungan atau investasi. Bisa anda belikan sejumlah barang untuk dijual kembali, atau anda simpan di bank. Sisanya baru anda gunakan untuk membayar listrik, telepon, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, anda juga harus siap melakukan down grade, atau turun standar hidup. Kalau biasanya dengan rumus pertama, anda bisa makan dengan daging seminggu 3 kali, dengan rumus baru mungkin anda harus mau hidup dengan makan daging seminggu sekali. Lakukan itu, demi masa depan yang lebih baik.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.
Zainal Abidin

www.eramuslim.com

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda